Rabu, 13 Maret 2013

Resep Martabak Telur

Martabak Telor











Bahan kulit martabak:
- 1 sdm tepung terigu
- 1 sdm tepung kanji/tepung maizena
- garam secukupnya
- Putih telor
- air secukupnya

Campur semua bahan di atas sampai larut. Kalo ditanya berapa ml air yang dipake aku juga nggak tau persisnya. Aku sih biasanya pake kira-kira ajah kalo mo masak. Tambahkan aer sampe campuran encer, persis kaya mo bikin kulit dadar gulung ato kulit lumpia. 


Daripada pake air, aku prefer pake air kaldu daging / ayam, kalo pas ada sih. Bagian telor yang dipake untuk kulit cuman yang putih telornya ajah, ntar sisa kuning telornya dimasukin ke campuran isi martabak ajah. Tapi gak ada larangan juga sih kalo kalian mo masukin kuning telor di kulitnya. Cuman kemaren aku pernah coba masukin kuning telor, rasanya nggak lebih enak daripada cuman pake putih telor. So aku prefer pake putih telornya ajah buat kulitnya.

* Oh iyah, resep ini buat 1 kali resep martabak guys, aku pake pan teflon kira2 diameter 20cm. 

Bahan isi martabak:
- Daun bawang / bawang prei
- Daging sapi / daging ayam, boleh dicincang halus atau dipotong2 kecil-kecil banget
- Garam secukupnya
- Telor 1

Temen-temen bisa tambahin isi martabak sesuka hati. Kalian bisa tambahkan bawang kalo emang suka bawang, pake daging yang banyak juga bisa, pake telor berapa pun juga terserah kalian. Bahan-bahan di atas dicampur smua sebelum dimasak.

Cara Memasak Martabak Telor:

- Tuangkan adonan kulit martabak ke wajan teflon yang uda diolesin margarin sebelumnya, lalu ratakan hingga seluruh permukaan teflon tertutup adonan. Pastika kulitnya ituh nggak bolong-bolong. See guys, caranya persis kaya bikin kulit dadar gulung biasa. Wajan teflon perlu dikasi margarin because aku kuatir ntar kulit martabaknya lengket-lengket pas mo dilipat-lipat.
- Setelah dirasa kulitnya lumayan matang (jangan nunggu gosong, perhatikan kalo sisi-sisi terluar kulitnya mulai mengelupas dari wajan), masukkan campuran isi martabak. Atur sedemikian rupa hingga pas di tengah kulit. 
- Lipat-lipat 4 sisi kulit martabak menjadi bentuk persegi (seperti gambar). Kemudian tambahkan minyak goreng sedikit untuk menggoreng martabak telor. Balik-balikkan martabak hingga matang.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar